Jumat, 03 Juni 2011

The Getaway : Lombok (pt.1)

Oke, first of all postingan ini sebenernya adalah postingan pembayaran utang gue kepada diri gue sendiri dan orang-orang yang udah gue bikin ngiler hehehe. Disini gue bakal nyeritain pengalaman pertama gue backpacking :D (kalo ada yang ngikutin blog gue, lihat postingan Been there,done that! Gue pernah bilang kalo gue mau backpacking) Untuk pengalaman pertama gue, gue memilih Lombok sebagai tempat tujuan gue. Kenapa Lombok? Karena katanya sih bagus dan setelah gue browsing, gue menemukan banyak spot menarik yang bikin pengambilan keputusan untuk pergi kesana makin gampang. Tapi sih tujuan utama kenapa gue dan teman-teman gue milih untuk pergi kesana sih simpel aja. Lombok itu jauh dan agak ga biasa kalo dibandingin sama liburan ke Jogja ato Pulau Tidung hehe. Gue backpacking sekitar 10 hari dengan tujuan utama Lombok terus pas balik gue nyempetin ke Bali dan Jogja. Jadi yaa perjalanan gue itu Bandung-Lombok-Bali-Jogja-Bandung Sayang gue ga banyak moto bahkan lupa untuk mengabadikan sebagian besar momen-momen gue disana. Lupa. Hehehehe.

Gue berangkat bareng Aji, Lutfi, sama Mahe. Cuma berempat aja dan kita semua sama sekali belum ada pengalaman backpacking. Dengan ketidaktahuan itu ga bikin kita jadi patah arang, justru kita jadi makin semangat karena ngebayangin kejadian apa aja yang bakal kita sama-sama hadepin karena ketidaktahuan itu. Gue sama rombongan sebelum berangkat bikin semacam rencana perjalanan gitu yang isinya mirip rundown acara. Isi dari rundown itu adalah jadwal, rute, daftar penginapan, harga, sampe rencana pengeluaran uang. Semua kita persiapin karena ya itu tadi meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam perjalanan. Yaa walaupun kita semua juga udah sepakat kalo nanti pasti bakal ada banyak improvisasi.

Gue mulai perjalanan dengan kereta api kelas ekonomi Kahuripan dari Stasiun Kiara Condong, Bandung. Kereta berangkat kira-kira jam 8 malem. Gue pribadi belom pernah naik kereta api ekonomi dan bahkan 2 temen gue malah belom pernah naik kereta sebelumnya. There will always be a first time for everything. Bayangan gue tentang kereta ekonomi adalah penuh sesak dan walaupun tiket yang gue beli ngasih nomer kursi, secara pribadi gue ga percaya. Dan bener aja ketika gue naik, kursi gue ada yang nempatin aja gitu. Gue sama rombongan mencoba bilang kalo itu kursi kita tapi ya antara tega dan ga tega sih soalnya si ibu yang dudukin kursi kita bawa bayi. Cuman ya gimana, perjalanan sekitar 9 jam arah Jogja kalo berdiri mungkin bisa bikin kaki gemetar dan dada berbulu. Akhirnya sih gue bisa duduk karena ternyata si ibu itu juga punya tempat duduk di belakang tapi males kesananya. Yeeee -.-

Akhirnya gue dan rombongan sampe di Stasiun Lempuyangan Jogja jam 5 ato 5.30 gitu deh dan kita langsung beli tiket lagi untuk nyambung kearah Banyuwangi yang berangkat 1 jam kemudian. Perjalanan dari sini cukup menyenangkan karena kita dapet tempat duduk dan gerbongnya lebih lega. Ga super-crowded kayak di KA Kahuripan tadi. Di sepanjang perjalanan ini lah yang baru gue temuin. Pedagangnya banyak banget! Dari mulai pedagang makanan ringan, makanan berat, sampe tambelan panci berseliweran selama perjalanan gue. Dari yang mulai dagang biasa aja sampe yang punya jargon kayak “kripik pisang...gurih renyah...seribuan...buat camilan...” yang sukses stuck di otak gue sampe gue balik lagi ke Bandung. Jam 11 malem gue sampe di Stasiun Ketapang Banyuwangi yang artinya waktunya nyeberang ke Gilimanuk, Bali. Disini gue sama rombongan kelimpungan karena bingung ntar nyampe Gilimanuk malem-malem mau naik apa ke Padang Bai nya? Berbekal rundown yang udah gue bikin akhirnya gue nyari bis yang bisa ngebawa gue kesana. Beruntung akhirnya dapet bis ac yang mau ke Bima. Otomatis dia lewat mampir dulu dong di Mataram. Berangkat! Ombak selat Bali waktu itu tenang bersahaja. Seperti hatiku. Dan begitu masuk Gilimanuk, gue sama rombongan ga was-was lagi karena udah punya bis yang bisa ngebawa gue sampe Padang Bai buat nyeberang ke Pelabuhan Lembar, Lombok. Nah, lain halnya dengan ombak Selat Bali, ombak Selat Lombok ini ganasnya bukan main. Temen gue yang udah biasa nyeberang ke Palembang aja bilang kalo dia belom pernah dapet ombak segede ini. Gue berusaha tenang padahal mah kecipratan air laut terus dan detak jantung gue udah kayak ada yang main DDR disana. Tapi alhamdulillah Allah masih ngijinin gue untuk liburan dan selamatlah kami sampai di Pelabuhan Lembar, Lombok.

Nyampe Mataram, gue akhirnya nyarter angkot buat ngebawa gue ke Senggigi karena gue sama rombongan emang punya rencana nginep disana. Sesampainya di Sengigi kita kelimpungan keliling-keliling nyari penginapan berdasarkan rekomendasi yang udah kita dapet. Sekitar maghrib gue baru dapet penginapan persis di tepian Pantai Senggigi dan deket banget sama Pura Batu Bolong. Budget sesuai, lokasi sesuai, capek? Bangeeet. Rasa capek emang nahan kami untuk istirahat sebentar dan emang cuma sebentar karena kami semua sadar perjalanan kami baru dimulai...